SEMOGA ADA SETITIK BAROKAH TERSIRAT DARI SAJIAN YANG TERSURAT SEHINGGA HIDUP LEBIH BERMAKNA DAN BERGUNA

Tuesday, June 9, 2009

Tradisi Hultah NWDI Kedatangan Ulama dari Makkah Terus Terjaga


Anjani, DA;
Hari ulang tahun atau yang lebih populer dengan Hultah NWDI akan segera dihelat di Anjani Lombok Timur. Perhelatan akbar Hultah NWDI ini adalah sebuah tradisi yang ditinggalkan pendiri organisasi terbesar di NTB Al-Magfurulah Maulana Syaikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid ini sebagai bentuk kesyukuran kepada Allah SWT atas keberadaan oraganisasai NW hinga memasuki usia ke 74.

Untuk mempersiapkan berbagai kegiatan keagamaan sebagai pembukaan sebelum digelar hajatan akbar ini PBNW telah membetuk kepanitiaan Hultah NWDI ke 74. Pada perayaan Hultah kali ini pengurus daerah NW Lombok Timur kembali dipercaya sebagai panitia inti. TGH Zainul Mukhlis yang juga ketua pengurus daerah NW Lotim diangkat sebagai ketua umum panitia Hultah NWDI ke 74 dengan sekretaris umum M Marjan Nur, SH., MH.
Dalam perayaan hultah NWDI 74 ini, kembali akan dihadiri para ulama yang menagajar di Madrasah Assaulatiyyah Makkah Almukarramah, salah satunya adalah Mudir (direktur red) Madrasah Assaulatiyyah Syaikh Madjid Said Salim Rahmatullah, dan beberapa masyaikh Saulatiyyah. Bahkan Syaikh Sayyid Ayyub Abkar Asad Al-Ahdal, seorang ahli hadits akan mengajar di Masjid Jami’ Ma’had DQH NW Anjani selama satu bulan untuk mengijazahkan hadits Qutubussittah.
“Ini adalah suatu hal yang sangat kita syukuri karena NW di bawah pimpinan PBNW Ummi Hj. Sitti Raihanun ZAM, tetap memiliki kontak dengan para ulama’ almamater pendiri NW dari Makkah,“ujar ketua panitia TGH Zainul Muklis saat rapat perdana panitia beberapa waktu lalu di Wisma Dewi Anjani.
Lebih jauh H Zainul Mukhlis yang juga Ketua Komisi B DPRD Lotim ini mengungkapkan bahwa panitia sebelum menggelar acara puncak akan mengadakan berbagai macam perlombaan dan pertandingan yang nuasa islami selama 15 hari yang dipusatkan di medan hultah.“ Perlombaan antara lain Syarhil Qur’an, festival qasidah tradisionl, karaoke islami semua tingkatan, disamping itu digelar juga pertandingan olahraga seperti sepak takraw, bulu tangkis tingkat umum, lintas alam. Sementara untuk kegiatan sosial akan dilakasanakan khitanan massal, cukuran, donor darah, pengobatan massal dan banyak lagi kegiatan lainnya yang meramaikan perayan hultah tahun ini,” katanya.
Sementara untuk hari puncak perayaan hultah ke - 74 NWDI akan dilaksanakan pada awal Agustus 2009, dan akan dihadiri oleh sdeluruh jamaah NW dari belahan nusantara untuk mendengarkan tausiyah dari para ulama dari tanah sucu Makkah. “ Insya Allah kalau tidak ada perubahan perayaan mukaddimah Hultah ke 74 tanggal 21 Juni 2009 dan perayaan puncak Hultah ke 74 NWDI direncanakan tanggal 11Sya’ban 1430/ 2 Agustus 2009,“ tandasnya.
Untuk medan Hultah ketua panitia menyiapkan lahan sekitar 4 Ha lokasi yang akan digunakan untuk menghelat perayaan keagamaan terbesar di daerah yang dikenal dengan pulau seribu masjid ini. (DA-1)

Link ke Facebook

0 komentar: