SEMOGA ADA SETITIK BAROKAH TERSIRAT DARI SAJIAN YANG TERSURAT SEHINGGA HIDUP LEBIH BERMAKNA DAN BERGUNA

Friday, December 9, 2011

APA YANG TIDAK DILAKUKAN RASULULLAH SAW. MERUPAKAN KEBAIKAN


Berkenaan sebuah pertanyaan mengenai hadis tentang pengumpulan Al Qur’an pada masa Khalifah Abu Bkar As Siddiq RA, kenapa Abu Bakar RA merasa keberatan ketika diberi saran oleh Umar tentang sesuatu yang tidak dilakukan Oleh Rasulullah SAW ?


Riwayat tersebut disampaikan oleh Imam Bukhari dalam Sahih Bukharinya :

حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ سَعْدٍ حَدَّثَنَا ابْنُ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ بْنِ السَّبَّاقِ أَنَّ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَال أَرْسَلَ إِلَيَّ أَبُو بَكْرٍ مَقْتَلَ أَهْلِ الْيَمَامَةِ فَإِذَا عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ عِنْدَهُ قَالَ أَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ إِنَّ عُمَرَ أَتَانِي فَقَالَ إِنَّ الْقَتْلَ قَدْ اسْتَحَرَّ يَوْمَ الْيَمَامَةِ بِقُرَّاءِ الْقُرْآنِ وَإِنِّي أَخْشَى أَنْ يَسْتَحِرَّ الْقَتْلُ بِالْقُرَّاءِ بِالْمَوَاطِنِ فَيَذْهَبَ كَثِيرٌ مِنْ الْقُرْآنِ وَإِنِّي أَرَى أَنْ تَأْمُرَ بِجَمْعِ الْقُرْآنِ قُلْتُ لِعُمَرَ كَيْفَ تَفْعَلُ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ عُمَرُ هَذَا وَاللَّهِ خَيْرٌفَلَمْ يَزَلْ عُمَرُ يُرَاجِعُنِي حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ صَدْرِي لِذَلِكَ وَرَأَيْتُ فِي ذَلِكَ الَّذِي رَأَى عُمَرُ قَالَ زَيْدٌ قَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّكَ رَجُلٌ شَابٌّ عَاقِلٌ لَا نَتَّهِمُكَ وَقَدْ كُنْتَ تَكْتُبُ الْوَحْيَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَتَبَّعْ الْقُرْآنَ فَاجْمَعْهُ فَوَاللَّهِ لَوْ كَلَّفُونِي نَقْلَ جَبَلٍ مِنْ الْجِبَالِ مَا كَانَ أَثْقَلَ عَلَيَّ مِمَّا أَمَرَنِي بِهِ مِنْ جَمْعِ الْقُرْآنِ قُلْتُ كَيْفَ تَفْعَلُونَ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ هُوَ وَاللَّهِ خَيْرٌ فَلَمْ يَزَلْ أَبُو بَكْرٍ يُرَاجِعُنِي حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ صَدْرِي لِلَّذِي شَرَحَ لَهُ صَدْرَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَتَتَبَّعْتُ الْقُرْآنَ أَجْمَعُهُ مِنْ الْعُسُبِ وَاللِّخَافِ وَصُدُورِ الرِّجَالِ حَتَّى وَجَدْتُ آخِرَ سُورَةِ التَّوْبَةِ مَعَ أَبِي خُزَيْمَةَ الْأَنْصَارِيِّ لَمْ أَجِدْهَا مَعَ أَحَدٍ غَيْرِهِ { لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ }  حَتَّى خَاتِمَةِ بَرَاءَةَ فَكَانَتْ الصُّحُفُ عِنْدَ أَبِي بَكْرٍ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ عِنْدَ عُمَرَ حَيَاتَهُ ثُمَّ عِنْدَ حَفْصَةَ بِنْتِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ  (رواه ألبخا رى )

Artinya : “ Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il dari Ibrahim bin Sa'd Telah menceritakan kepada kami Ibnu Syihab dari Ubaid bin As Sabbaq bahwa Zaid bin Tsabit radliallahu 'anhu, ia berkata; Abu Bakar mengirim para korban perang Yamamah kepadaku, dan ternyata Umar bin Al Khaththab ada di sisinya. Abu Bakar radliallahu 'anhu berkata, "Sesungguhnya Umar mendatangiku dan berkata, 'Mayoritas korban perang Yamamah adalah para penghafal Al Qur`an. Dengan gugurnya mayoritas penghafal Al Qur`an, maka aku khawatir sebagian besar Al Qur`an juga akan hilang. Maka aku berpendapat, sebaiknya Anda segera memerintahkan guna melakukan dokumentasi alquran.' Maka aku pun bertanya kepada Umar, 'Bagaimana kamu akan melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam? ' Umar menjawab, 'Perkara ini, demi Allah adalah ide yang baik.' Umar selalu membujukku hingga Allah memberikan kelapangan dadaku, dan akhirnya aku sependapat dengan Umar." Zaid berkata; Abu Bakar berkata, "Sesungguhnya kamu adalah seorang pemuda yang cerdas, kami sama sekali tidak curiga sedikit pun padamu. Dan sungguh, kamulah yang telah menulis wahyu untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Karena itu, telusurilah Al Qur`an dan kumpulkanlah." Zaid berkata, "Demi Allah, sekiranya mereka memerintahkanku untuk memindahkan gunung, niscaya hal itu tidaklah lebih berat daripada apa yang mereka perintahkan padaku, yakni dokumentasi alquran." Zaid bertanya, "Bagaimana kalian melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?" Ia menjawab, "Demi Allah, itu adalah kebaikan." Abu Bakar terus membujukku, hingga Allah pun memberikan kelapangan dadaku, sebagaimana Abu Bakar dan Umar radliallahu 'anhuma. Maka aku pun mulai menelusuri Al Qur`an, mengumpulkannya dari tulang-tulang, kulit-kulit dan dari hafalan para Qari`. Dan akhirnya aku pun mendapatkan bagian akhir dari surat At Taubah bersama Abu Khuzaimah Al Anshari, yang aku tidak mendapatkannya pada seorang pun selainnya. Yakni ayat: 'Sungguh, telah datang pada kalian seorang Rasul dari kaum kalian sendiri, yang sangat berat olehnya kesulitan yang menimpa kalian..'" hingga akhir surat Al Bara`ah. Lembaran-lembaran Al Qur`an itu pun tetap tersimpan pada Abu Bakar hingga Allah mewafatkannya. Kemudian beralih kepada Umar semasa hidupnya, lalu berpindah lagi ke tangan Hafshah binti Umar radliallahu 'anhu. ( HR. AL Bukhari : Bab Jam’ul Qur’an : 4603)

Berkenaan dengan pemahaman hadis di atas kita perlu untuk membuka kitab Syarah Hadtis Ulama besar Ahli Hadits, serta ahli Fiqih yang bermadzhab Syafi’I dan berakidah Asyariyah yang sangat monumental, sehingga tidak mungkin untuk dapat memahami hadits dengan lebih mendalam khususnya hadis-hadis yang ada dalam kitab Sahih Bukhari tanpa merujuk kepada Fatul Barinya Ibnu Hajar Al Asqalani.

Walaupun banyak juga para ulama lain yang juga menyusun Syarah-Syarah terhadap Sahih Bukari seperti Fatul Bari Ibnu Rajab, Syarah Sahih Bukhari Ibnu Bathal, Syarah Sahih Bukhari Li Syamsuddin As Safiri, Umdatul Qari, Hasiyah As Sindi, Faidul Bari, At Ta’lik Ala Fatul Bari Lidduwaisi, Al Fajrus Sathi’ Lizzarahwani dan Al Mutawari Ala Abwabil Bukhari.Namun para ulama banyak memberikan penilaian yang sangat berharga kepada Fatul Bari ini, Ungkapan yang begitu popular adalah perkataan Imam al-Syaukani yaitu seorang ulama yang menulis kitab Nail al-Authar dalam menguraikan fiqh sunnah. Dan tafsir Fatul Qodir, Sewaktu orang menyuruh beliau membuat syarah (penjelasan) kitab Imam al-Bukhari ini, beliau menyatakan: “Tiada hijrah selepas pembukaan (fath)” (al-Hadis).

Analogi berdasarkan hadis Nabi SAW di atas menunjukkan bahwa kitab Fath al-Bari ini begitu ‘ulung’ dan tidak memerlukan kepada uraian oleh ulama yang lain lagi. Begitulah nilai sebagian ulama terhadap kondisi kitab unggul ini. Imam Al Hafidz menjelaskan :

قوله قلت لعمر هو خطاب أبي بكر لعمر حكاه ثانيا لزيد بن ثابت لما أرسل إليه وهو كلام من يؤثر الاتباع وينفر من الابتداع

“(Perkataannya : Aku berkata kepada Umar) adalah perkataan Abi Bakr RA kepada Umar RA beliau menceritakannya dua kali kepada Zaid bin Tsabit ketika Abu Bakar RA mengirim (korban perang Yamamah) kepadanya. Hal itu merupakan perkataan seseorang yang mengutamakan Ittiba’ dan membenci perbuatan Bid’ah.

قوله لم يفعله رسول الله صلى الله عليه و سلمتقدم من رواية سفيان بن عيينة تصريح زيد بن ثابت بذلك وفي رواية عمارة بن غزية فنفر منها أبو بكر وقال أفعل ما لم يفعل رسول الله صلى الله عليه و سلم وقال الخطابي وغيره يحتمل أن يكون صلى الله عليه و سلم إنما لم يجمع القرآن في المصحف لما كان يترقبه من ورود ناسخ لبعض أحكامه أو تلاوته فلما انقضى نزوله بوفاته صلى الله عليه و سلم ألهم الله الخلفاء الراشدين ذلك وفاء لوعد الصادق بضمان حفظه على هذه الأمة المحمدية زادها الله شرفا فكان ابتداء ذلك على يد الصديق رضي الله عنه بمشورة عمر ويؤيده ما أخرجه بن أبي داود في المصاحف بإسناد حسن عن عبد خير قال سمعت عليا يقول أعظم الناس في المصاحف أجرا أبو بكر رحمهالله على أبي بكر هو أول من جمع كتاب الله وأما ما أخرجه مسلم من حديث أبي سعيد قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم لا تكتبوا عني شيئا غير القرآن الحديث فلا ينافي ذلك لأن الكلام في كتابة مخصوصة على صفة مخصوصة وقد كان القرآن كله كتب في عهد النبي صلى الله عليه و سلم لكن غير مجموع في موضع واحد ولا مرتب السور وأما ما أخرجه بن أبي داود في المصاحف من طريق بن سيرين قال قال علي لما مات رسول الله صلى الله عليه و سلم آليت أن لا آخذ على ردائي إلا لصلاة جمعة حتى أجمع القرآن فجمعه فإسناده ضعيف لانقطاعه وعلى تقدير أن يكون محفوظا فمراده بجمعه حفظه في صدره قال والذي وقع في بعض طرقه حتى جمعته بين اللوحين وهم من راويه

“(Perkataan Beliau : belum pernah dilakukan Rasulullah SAW)  dari riwayat Sufyan bin ‘Uyainah sudah lebih dulu penjelasan Zaid bin Tsabit tentang hal itu. Dan di dalam riwayat Imarah bin Ghaziyah, maka Abu Bakar RA benci akan hal itu dan beliau berkata apakah aku akan melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan Rasulullah SAW?. Al Khitabi dan yang lain mengatakan : boleh jadi Rasululah SAW tidak mengumpulkan Al Quran dalam sebuah mushaf, hanya karena beliau menunggu datangnya Nasikh terhadap sebagian hukum Al Qur’an atau bacaannya. Maka ketika selesai turunnya Al Qur’an dengan meninggalnya Beliau SAW, Allah memberikan ilham kepada Khulafaurrosidin akan hal itu sebagai pemenuhan janji yang benar akan jaminan pemeliharaan Al Qur’an atas Ummat Nabi Muhammad ini. Semoga Allah menambah kemuliaan akan Ummat ini. Maka permulaan pengumpulan Al Qur’an adalah ditangan Abu Bakar As Siddiq  RA bermusyawarah dengan Umar RA.

Riwayat tersebut dikuatkan oleh apa yang dikeluarkan oleh Ibnu Abi Daud di dalam “ Al Mashahif”dengan sanad hasan dari Abdin Khoir, beliau berkata : aku mendengar Ali berkata ; manusia yang paling agung pahalanya dalam hal mushaf adalah Abu Bakar, semoga rahmat Allah atas beliau. Abu Bakar adalah orang yang pertama kali mengumpulkan Kitabullah.
Adapun apa yang dikeluarkan Muslim dari hadisnya Abi Sa’id, beliau berkata : Rasulullah SAW bersabda : janganlah kalian menulis sesuatupun selain Al Qur’an (Al Hadits), hal itu tidak menafikan karena pembicaraan tersebut tentang penulisan secara khusus atas sifat yang khusus pula. Dan Al Qur’an seluruhnya benar-benar telah ditulis dimasa Nabi SAW, akan tetapi belum terkodifikaskan dalam satu tempat dan belum tersusun surat-suratnya.

Adapun apa yang dikeluarkan oleh Abi Daud di dalam “Al Mashahif” dari jalur Ibnu Sirriin, beliau berkata : Ali Berkata : Ketika Rasulullah SAW meninggal aku bersumpah bahwa aku tidak akan mengambil mantelku (baju Luar) kecuali untuk shalat Jumat sehingga aku mengumpulkan Al Qur’an, maka Ali Mengumpulkan Al Qur’an, Sanad Hadis tersebut Dhaif karena Munqothi’. Berdasarkan perkiraan bahwa terpelihara yang dimaksud mengumpulkannya adalah menghafalkannya di dalam dadanya. Abu Daud berkata : dan apa yang terjadi dalam sebagian jalurnya; “Sehingga aku mengumpulkan Al Qur’an di antara dua papan”, ada dugaan terhadap Rawinya.

 قلت وما تقدم من رواية عبد خير عن علي أصح فهو المعتمد

“(Aku katakan) Apa yang telah lalu dari riwayat Abdi Khair dari Ali lebih Shahih dan itu yang dijadikan pegangan.

 ووقع عند بن أبي داود أيضا بيان السبب في إشارة عمر بن الخطاب بذلك فأخرج من طريق الحسن أن عمر سأل عن آية من كتاب الله فقيل كانت مع فلان فقتل يوم اليمامة فقال إنا لله وأمر بجمع القرآن فكان أول من جمعه في المصحف وهذا منقطع فإن كان محفوظا حمل على أن المراد بقوله فكان أول من جمعه أي أشار بجمعه في خلافة أبي بكر فنسب الجمع إليه لذلك

“Dan juga mendapat tempat disisi Ibnu Abi Daud, tentang penjelasan sebab isaratnya Umar Bin Khatab RA tentang pengumpulan Al Qur’an. Beliau mengeluarkan riwayat dari jalur Al hasan bahwa Umar bertanya tentang suatu ayat dari Kitabullah, maka dikatakan ayat itu ada bersama Fulan, dan dia terbunuh pada perang Yamamah maka Umar berkata Innalillahi (sesungguhnya kami adalah milik Allah) dan beliau memerintahkan pengumpulan Al Qur’an, beliau adalah orang yang pertama kali mengumpulkan Al Qur’an di dalam mushaf, ini adalah riwayat yang Munqothi’. Maka jika hal yang harus dijaga adalah membawa pengertian bahwa yang dimaksud dengan perkatan Abu Daud “orang yang pertama kali mengumpulkan Al Qur’an” yaitu, Umar RA memberi isyarat tentang pengumpulan Al Qur’an pada masa Khalifah Abu Bakar RA, jadi penisbahan pengumpulan Al Qur’an terhadap Umar RA adalah karena hal itu.”

وقد تسول لبعض الروافض أنه يتوجه الاعتراض على أبي بكر بما فعله من جمع القرآن في المصحف فقال كيف جاز أن يفعل شيئا لم يفعله الرسول عليه أفضل الصلاة والسلام والجواب أنه لم يفعل ذلك إلا بطريق الاجتهاد السائغ الناشئ عن النصح منه لله ولرسوله ولكتابة ولأئمة المسلمين وعامتهم وقد كان النبي صلى الله عليه و سلم أذن في كتابة القرآن ونهى أن يكتب معه غيره فلم يأمر أبو بكر إلا بكتابة ما كان مكتوبا ولذلك توقف عن كتابة الآية من آخر سورة براءة حتى وجدها مكتوبة مع أنه كان يستحضرها هو ومن ذكر معه

“Dan memperdayakan sebagian orang-orang Rafidhah, bahwa dia sengaja membantah Abu Bakar RA tentang apa yang beliau lakukan tentang pengumpulan Al qur’an di dalam Mushaf, maka dia berkata : bagaimana dibolehkan Abu Bakar berbuat sesuatu yang tidak dilakukan Rasulullah SAW ? maka untuk menjawab itu, Bahwa Abu bakar Ra tidak melakukan itu kecuali dengan cara ijtihad yang boleh dilakukan yang muncul dari nasehat beliau karena Allah, Rasul-Nya SAW, Kitab-Nya, Para Imam-imam kaum Muslimin serta Ummat Islam secara Umum. Dan Nabi SAW memberi izin dalam penulisan Al Qur’an serta melarang penulisan bersama selain Al Qur’an. Abu Bakar tidak memerintahkan kecuali tentang penulisan sesuatu yang sudah tertulis. Oleh karena itu beliau berhenti dari penulisan ayat dari akhir surat Bara’ahsehingga beliau menemukannya tertulis dengan berusaha menghadirkan orangnya  dan orang lain yang bersama-sama menyebutkannya.”   

وإذا تأمل المنصف ما فعله أبو بكر من ذلك جزم بأنه يعد في فضائله وينوه بعظيم منقبته لثبوت قوله صلى الله عليه و سلم من سن سنة حسنة فله أجرها وأجر من عمل بها فما جمع القرآن أحد بعده إلا وكان له مثل أجره إلى يوم القيامة وقد كان لأبي بكر من الاعتناء بقراءة القرآن ما اختار معه أن يرد على بن الدغنة جواره ويرضى بجوار الله ورسوله وقد تقدمت القصة مبسوطة في فضائله

“Ketika seorang yang adil berfikir tentang apa yang sudah dilakukan Abu Bakar RA berkenaan (pengumpulan Al qur’an), maka dia akan yakin bahwa Beliau di perhitungkan keutamaanya dan dihormati keagungan dan keutamaanya, karena ketetapan sabda Nabi SAW “ Barangsiapa yang membuat sunnah yang baik maka bagi dia pahalanya dan pahala orang yang mengamalkannya,” maka tidak seorangpun setelah Abu Bakar yang mengumpulkan al Qur’an, kecuali dia memperoleh semisal pahalanya sampai hari kiamat. Dan Abu Bakar telah bersungguh-sungguh dengan membaca Al Qur’an tentang apa yang dipilihnya yaitu menolak bertetangga dengan Ibnu Ad Dighnah *dan rela bertetangga dengan Allah dan Rasul-Nya, dan telah dijelaskan kisah tentang keutamaan abu Bakar RA.”

وقد أعلم الله تعالى في القرآن بأنه مجموع في الصحف في قوله يتلو صحفا مطهرة الآية وكان القرآن مكتوبا في الصحف لكن كانت مفرقة فجمعها أبو بكر في مكان واحد ثم كانت بعده محفوظة إلى أن أمر عثمان بالنسخ منها فنسخ منها عدة مصاحف وأرسل بها إلى الأمصار كما سيأتي بيان ذلك (فتح البارى- شرح صحيح البخارى- كتا ب فضائل القران- الجزء التا سع-الصفحة-15-16)

“Allah Ta’ala benar-benar telah memberitahukan di dalam Al Qur’an bahwa Al Qur’an dikumpulkan didalam suhuf-suhuf, di dalam Firman-Nya “Dia membaca lembaran-lembaran yang disucikan (sampai khir ayat). Al Qur’an tertulis di dalam lembaran-lembaran kn tetapi masih terpisah-pisah, lalu Abu Bakar RA mengumpulkannya di dalam satu tempat, kemudian setelah masa beliau lembaran-lembaran itu tetap terpelihara sampai Usman RA memerintahkan untuk menyalinnya, lalu beliau menyalinnya menjadi beberapa mushaf dan mengirimkannya ke beberapa kota sebagaimana yang akan kami jelaskan nanti.

( Fatul Bari, Syarah Sahih Bukhari, Kitab : Fadhailul Qur’an, Juz 9, halaman : 15-16, Darul Hadits)  
Wallahu A'lam Bissowab.

Oleh :محمد مؤلف

Link ke Facebook

0 komentar: