SEMOGA ADA SETITIK BAROKAH TERSIRAT DARI SAJIAN YANG TERSURAT SEHINGGA HIDUP LEBIH BERMAKNA DAN BERGUNA

Tuesday, September 4, 2012

Susu Ibu Lindungi Bayi dari HIV

Keampuhan ASI untuk kekbalan tubuh bayi tak diragukan. ASi bahkan bisa membendung virus HIV

Ibu pengidap HIV dianjurkan menyusui bayinya. Penelitian baru menemukan air susu ibu dapat melindungi bayi dari penularan virus HIV.

Peneliti University of North Carolina School of Medicine melakukan percobaan ini pada tikus. Tikus yang mendapat asupan ASI terlindung dari penularan virus HIV. Mereka menemukan bukti bahwa virus HIV tidak menular melalui air susu ibu. Virus HIV mati ketika mengkontaminasi ASI.

“Kami memperkuat keyakinan dan kami memiliki data kuat bahwa ASI bukanlah ‘kendaraan’ untuk menularkan virus tetapi mungkin menawarkan perlindungan,” kata Victor Garcia salah seorang peneliti.

Menurut organisasi kesehatan dunia WHO, lebih dari 15 persen infeksi HIV terjadi pada bayi. Jika tidak diobati, hanya 65 persen dari jumlah anak yang terinfeksi HIV dapat melewati tahun pertama hidup mereka. Kurang dari setengahnya bertahan hingga usia 2 tahun.

Selama bertahun-tahun para ahli HIV menduga penularan virus pada bayi terjadi melalui aktivitas menyusui. Namun kenyataannya sebagian besar bayi yang disusui ibu pengidap HIV tidak terinfeksi.

WHO merekomendasikan para ibu pengidap HIV menyusui bayi mereka. Ibu dan bayi juga diharuskan meminum obat antiretroviral untuk menghindari penularan HIV.

Garcia menilai penelitian ini salah satu terobosan besar. Menurut dia, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahui jenis zat dalam ASI yang membunuh virus HIV. Apakah zat tersebut dapat digunakan untuk mencegah penyebaran HIV dalam bentuk lain.

Meski demikian, hasil penelitian ini tidak menganjurkan ibu pengidap HIV menyusui bayi tanpa mengonsumsi antiretroviral. Peneliti juga harus melihat hasil penelitian selanjutnya, apakah ASI dari donor yang terinfeksi HIV akan menunjukkan hasil serupa. (*)  
sumber : abcnews.com

Link ke Facebook

0 komentar: