SEMOGA ADA SETITIK BAROKAH TERSIRAT DARI SAJIAN YANG TERSURAT SEHINGGA HIDUP LEBIH BERMAKNA DAN BERGUNA

Sunday, January 30, 2011

Sejarah Berdirinya Universitas Syaikh Zainuddin NW (UNISAZ)


Seperti dikemukakan di atas bahwa Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW secara resmi melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran di Anjani pada tanggal 26 Maret 2001. Setelah di Anjani Pengurus Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW terus berupaya untuk mengembangkan lembaga pendidikan yang dikelola. Sesuai dengan keputusan rapat pengurus maka pada tahun pelajaran 2001/2002 didirikan SMA NW dan Universitas Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan (UNISAZ).

Universitas Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan (UNISAZ) didirikan dengan surat keputusan Pengurus Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani Nomor 34/YP.PPSZ/X.3/Kpt./2001 tanggal 20 Mei 2001. Dengan SK ini maka Tim Penyiapan Perangkat Pendirian Universitas Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan yang dikoordinir oleh Drs.H.M. Mugni Sn.,S.S.S.H,M.Pd. mulai berkeja melakukan studi kelayakan pendirian dibantu oleh Drs. H. Muh. Syukri,M.M.Pd. (Kepala Bagian Administrasi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram). Hasil Studi Kelayakan ini akan diajukan kepada Menteri Pendidikan Nasional untuk memperoleh ijin operasional. Mulai bulan Juli 2001 Tim mulai bekerja menyusun studi kelayakan sakaligus juga mulai menerima mahasiswa baru angkatan pertama.

Untuk tahap pertama Universitas Syaikh Zainuddin NW (UNISAZ) membuka 3 (tiga) fakultas, yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Sastra, dan Fakultas Hukum. Kuliah perdana dibuka oleh Rektor Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram Bapak Drs. H.M. Mustami’uddin Ibrahim, S.H.. Hadir juga Pembangu Rektor I Univesitas NW, yakni Bapak H. Lalu Wirajuna, SH.MS., Dekan Fakultas Sastra UNW, Ibu Dra. Hjh. Kusdiratin, SU., Dekan Fakultas Hukum UNW, Bapak H.Lalu Syafruddin, S.H.M.Hum. Kepala Bagian Akademik UNW, Bapak Drs. H. Muh. Syukri,M.M.Pd. dan lain-lain. Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram memback up pendirian Universitas Syaikh Zainuddin NW dalam bentuk bahwa sebelum ijin operasional Universitas Syaikh Zainuddin NW dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan Nasioan maka mahasiswa yang diterima menjadi mahasiswa Universitas Nahdlatul Wathan Mataram. Artinya bila sampai tahun keempat ijin operasional Universitas Syaikh Zainuddin NW belum keluar maka ijazah sarjana mahasiswanya dikelurakan oleh Universitas Nahdlatul Wathan Mataram. Pada tahun kedua dibuka Fakultas MIPA dan Fakultas Ilmu Administrasi dan pada tahun ketiga dibuka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Pada bulan Juli 2003, Studi Kelayakan pendirian Uiversitas Syaikh Zainuddin NW sudah rampung dan langsung dikirim ke Menteri Pendidikan Nasional Cq Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) dengan surat pengatar dari Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW nomor : 38/YP.PPSZ/X.5/A/2003, tanggal 28 Juli 2003 dan ditembuskan ke Kopertis Wilayah VIII Denpasar. Jawaban dari Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional atas usulan tersebut tertuang dalam surat nomor : 1788/D2.2/03, tanggal 2 September 2003 yang isinya bahwa pihak yayasan disarankan untuk mendirikan Sekolah Tinggi sebagai proses untuk mendirikan Universitas. Dengan keluarnya jawaban Dirjen Dikti tersebut maka secara permanen untuk sementara mahasiswa Universitas Syaikh Zainuddin NW menjadi mahasiswa Universitas Nahdlatul Wathan Mataram.

Berdasarkan saran dari Dirjen Dikti maka tim penyiapan perangkat pendirian Universitas Syaikh Zainuddin NW membuat studi kelayakan untuk mendiriakn Sekolah Tinggi setelah berkonsultasi dengan pihak yayasan. Adapun Sekolah Tinggi yand didirikan adalah Sekolah Tinggi Ilmu Sains (STIS) Syaikh Zainuddin NW, dengan membuka tiga program studi, yakni Matematika, Biologi, dan Ilmu Komputer.Program Strata Satu (S.1) untuk prodi Biologi dan Matematika dan D.III untuk Ilmu Komputer. Hasil studi kelayakan ini langsung dikirim kemabali ke Dirjen Dikti dengan surat pengatar yayasan nomor : 71/YP.PPSZ/X.5/A/2003, tanggal 3 Nopember 2003 dan ditembuskan ke Kopertis Wilayah VIII Denpasar. Jawab dari Dirjen Dikti atas usulan tersebut tertuang dalam surat nomor : 2394/D2.2/2003, tanggal 13 Nopember 2003 yang isinya bahwa untuk pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Sain (STIS) maka program studinya harus ditambah dengan Kimia dan Fisika atau dirikan sekolah tinggi yang masih langkah di NTB yang mempunyai prospek ke depan seperti informatika karena perkembangan dunia membutuhkan. Dengan saran dari Dirjen Dikti yang tertuang dalam surat tersebut maka tim penyiapan perangkat pendirian memantapkan tekad setelah berkonsultasi dengan pihak yayasan untuk mendirikan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer.

Link ke Facebook

0 komentar: